FILOSOFI PENDIDIKAN
1.
Pendekatan-Pendekatan
Teori Pendidikan
Pendekatan-pendekatan
dalam menyusun teori pendidikan, terdiri dari pendekatan sains, pendekatan
filosofi, pendekatan religi, dan pendekatan multi disiplin.
a.
Pendekatan
Sains
Pendekatan sains
terhadap pendidikan, yaitu suatu pengkajian dengan menggunakan sains untuk
mempelajari, menelaah, dan memecahkan masalah-masalah pendidikan. Teori
pendidikan dengan pendekatan sains disebut sains pendidikan (science of education).
Sains
pendidikan menghasilkan ilmu pendidikan sebagai terapan dari sains dasarnya.
Misalnya sosiologi pendidikan merupakan terapan dari sosiologi untuk menelaah
masalah-masalah pendidikan.
Karakteristik
pendekatan sains
Karakteristik
pendekatan sains dapat dilihat dari tiga segi, yaitu objek pengkajian, tujuan
pengkajian, dan metode kerja peng-kajian. Objek pengkajian dalam sains
pendidikan sangat terbatas, karena obyeknya merupakan salah satu aspek dari
pendidikan.
Tujuan
pengkajian sains dalam pendidikan adalah untuk menggambarkan
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam pendidikan.
Metode
kerja pengkajian sains dalam pendidikan, ialah dengan menggunakan metode sains
(yang lebih dikenal dengan metode ilmiah) yaitu dengan cara induktif.
Metode
sains merupakan prosedur kerja yang terencana dan cermat, melalui pengalaman,
dengan menggunakan kerangka pemikiran tertentu.
Jenis-jenis
sains pendidikan
Sebagai
hasil pendekatan sains terhadap pendidikan, terdapat beberapa jenis sains
pendidikan yang dihasilkan, diantaranya :
1) Sosiologi
pedidikan, nerupakan cabang sains pendidikan, sebagai apalikasi dari sosiologi
dalam kajian pendidikan, aplikasi dari hasil-hasil penelitian dalam sosiologi.
Sehingga onjek penyelidikan sosiologi pendidikan adalah faktor-faktor sosial
dalam pendidikan.
2) Psikologi
pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan, sebagai aplikasi dari psikologi
dalam kajian pendidikan, sangat ipengaruhi oleh perkembangan dan hasil-hasil
peneletian dalam psikologi. Jadi, objek penelitian dalam psikologi pendidikan
adlah perilaku individu dalam belajar.
3) Administrasi
pendidikan, merupakan cabang dari sains pendidikan, sabiagai sumber dari ilmu
manajemen, diepengaruhi dan bersumber dari hasil penelitian dalam bidang
manajemen. Yang menjadi objek utama adlah pengelolaan atau pengaturan sumber
daya manusia dan ukan manusia, agar individu dapat belajar efektif dan efisien.
4) Teknologi
pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan, sabgai aplikasi dari sains dan
teknologi, sangat dipengaruhi oleh perkembangan dan hasil penelitian dalam
bidang teknologi.
5) Evaluasi
pendidikan. Merupakan cabang sains pendidikan, sebagai aplikasi dari psikolog
pendidikan dan statistik. Jadi, banyak dipangaruhi oleh hasil perkembangan dan
penelitian dalam psikologi pendidikan dan statistik.
6) Cabang-cabang
lain termasuk sains pendidikan adalah ekonomi pendidikan, pendidikan
kependudukan, ekologi pendidikan, bimbingan dan penyuluhan pendidikan,
pengembangan kurikulum, perencanaan pendidikan, evaluasi sistem pendidikan.
b.
Pendekatan
filosofis
Pendekatan
filsofis terhadap pendidikan adalah suatu pendekatan untuk menelaah dan
memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan menggunakan inetode filsafat.
Cara kerja dan
hasil-hasil filsafat dapat dipergunakan untuk membantu mememcahkan masalah
dalam hidup dan kehidupan. Dimana pendidikan merupakan salah satu kebtuhan
penting dari kehudupan manusia.
Tujuan
pendidikan senantiasa berhubungan langsung dengan tujuan hidup dan pandangan
hidup individu maupun masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan.
Nama
: Riana Ulfa
Nim : 150641081
Dosen : Aliet
Noorhayati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar