Senin, 01 Februari 2016

FILOSOFI PENDIDIKAN


 
FILOSOFI PENDIDIKAN
 
1.      Pendekatan-Pendekatan Teori  Pendidikan
Pendekatan-pendekatan dalam menyusun teori pendidikan, terdiri dari pendekatan sains, pendekatan filosofi, pendekatan religi, dan pendekatan multi disiplin.

a.      Pendekatan Sains
Pendekatan sains terhadap pendidikan, yaitu suatu pengkajian dengan menggunakan sains untuk mempelajari, menelaah, dan memecahkan masalah-masalah pendidikan. Teori pendidikan dengan pendekatan sains disebut sains pendidikan (science of education).
          Sains pendidikan menghasilkan ilmu pendidikan sebagai terapan dari sains dasarnya. Misalnya sosiologi pendidikan merupakan terapan dari sosiologi untuk menelaah masalah-masalah pendidikan.

Karakteristik pendekatan sains
          Karakteristik pendekatan sains dapat dilihat dari tiga segi, yaitu objek pengkajian, tujuan pengkajian, dan metode kerja peng-kajian. Objek pengkajian dalam sains pendidikan sangat terbatas, karena obyeknya merupakan salah satu aspek dari pendidikan.
          Tujuan pengkajian sains dalam pendidikan adalah untuk menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam pendidikan.
          Metode kerja pengkajian sains dalam pendidikan, ialah dengan menggunakan metode sains (yang lebih dikenal dengan metode ilmiah) yaitu dengan cara induktif.
          Metode sains merupakan prosedur kerja yang terencana dan cermat, melalui pengalaman, dengan menggunakan kerangka pemikiran tertentu.
Jenis-jenis sains pendidikan
          Sebagai hasil pendekatan sains terhadap pendidikan, terdapat beberapa jenis sains pendidikan yang dihasilkan, diantaranya :
1)      Sosiologi pedidikan, nerupakan cabang sains pendidikan, sebagai apalikasi dari sosiologi dalam kajian pendidikan, aplikasi dari hasil-hasil penelitian dalam sosiologi. Sehingga onjek penyelidikan sosiologi pendidikan adalah faktor-faktor sosial dalam pendidikan.
2)      Psikologi pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan, sebagai aplikasi dari psikologi dalam kajian pendidikan, sangat ipengaruhi oleh perkembangan dan hasil-hasil peneletian dalam psikologi. Jadi, objek penelitian dalam psikologi pendidikan adlah perilaku individu dalam belajar.
3)      Administrasi pendidikan, merupakan cabang dari sains pendidikan, sabiagai sumber dari ilmu manajemen, diepengaruhi dan bersumber dari hasil penelitian dalam bidang manajemen. Yang menjadi objek utama adlah pengelolaan atau pengaturan sumber daya manusia dan ukan manusia, agar individu dapat belajar efektif dan efisien.
4)      Teknologi pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan, sabgai aplikasi dari sains dan teknologi, sangat dipengaruhi oleh perkembangan dan hasil penelitian dalam bidang teknologi.
5)      Evaluasi pendidikan. Merupakan cabang sains pendidikan, sebagai aplikasi dari psikolog pendidikan dan statistik. Jadi, banyak dipangaruhi oleh hasil perkembangan dan penelitian dalam psikologi pendidikan dan statistik.
6)      Cabang-cabang lain termasuk sains pendidikan adalah ekonomi pendidikan, pendidikan kependudukan, ekologi pendidikan, bimbingan dan penyuluhan pendidikan, pengembangan kurikulum, perencanaan pendidikan, evaluasi sistem pendidikan.
                                b.            Pendekatan filosofis
Pendekatan filsofis terhadap pendidikan adalah suatu pendekatan untuk menelaah dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan menggunakan inetode filsafat.
Cara kerja dan hasil-hasil filsafat dapat dipergunakan untuk membantu mememcahkan masalah dalam hidup dan kehidupan. Dimana pendidikan merupakan salah satu kebtuhan penting dari kehudupan manusia.
Tujuan pendidikan senantiasa berhubungan langsung dengan tujuan hidup dan pandangan hidup individu maupun masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan.




Nama              : Riana Ulfa
Nim                 : 150641081
Dosen              : Aliet Noorhayati 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar