Selasa, 26 Januari 2016

FILOSOFI PENDIDIKAN



FILOSOFI PENDIDIKAN
1.      Pendekatan-pendekatan teori pendidikan
a.       Pendekatan sains
Pendekatan sains terhadap pendidikan yaitu suatu pengkajian dengan menggunakan sains untuk mempelajari, menelaah, dan memecahkan masalah-masalah pendidikan. Teori pendidikan dengan pendekatan sains disebut sains pendidikan (science of education).
Karakteristik pendekatan sains:
·        Objek pengkajian dalam sains pendidikan sangat terbatas, karena objeknya merupakan salah satu aspek dari pendidikan.
·        Tujuan pengkajian sains pendidikan adalah untuk menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam pendidikan.
·        Metode kerja pengkajian sains dalam pendidikan, adalah dengan menggunakan metode sains (yang lebih dikenal dengan metode ilmiah) yaitu dengan cara induktif.
Jenis-jenis sains pendidikan:
·        Sosiologi pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan sebagai aplikasi dari psikologi dalam kajian pendidikan, aplikasi dari hasil-hasil penelitian dalam sosiologi. 
·        Psikologi pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan sebagai aplikasi dari psikologi dalam kajian pendidikan, sangat dipengaruhi oleh perkembangan dan hasil-hasil penelitian dalam psikologi.
·        Administrasi pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan, sebagai aplikasi dari ilmu manajemen, dipengaruhi dan bersumber dari hasil penelitian dalam bidang manajemen.
·        Teknologi pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan, sebagai aplikasi dari sains dan teknologi, sangat dipengaruhi oleh perkembangan dan hasil penelitian dalam bidang teknologi.
·        Evaluasi pendidikan, merupakan cabang sains pendidikan lain yang termasuk pendidikan, sebagai aplikasi dari psikologi pendidikan dan statistik.
·        Cabang-cabang lain yang termasuk sains pendidikan adalah ekonomi pendidikan, pendidikan kependudukan, ekologi pendidikan, bimbingan dan penyuluhan pendidikan, pengembangan kurikulum, perencana pendidikan, evaluasi sistem pendidikan.

b.      Pendekatan filosofis
Pendekatan filosofis pendidikan adalah suatu pendekatan untuk menelaah dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan menggunakan metode filsafat.
c.       Pendekatan religi
Pendekatan religi terhadap pendidikan berarti bahwa semua ajaran religi dijadikan sumber inspirasi untuk menyusun teori atau konsep-konsep pendidikan yang dapat dijadikan landasan untuk dijadikan pendidikan.
d.       Pendekatan multidisiplin
Pendekatan yang perlu dilakukan adalah pendekatan yang menyeluruh (pendekatan holistic), pendekatan multidisiplin yang terpadu. Pendekatan yang lainnya digunakan secara terpadu.
2.      Filosofi pendekatan
Pendidikan sebagai gejalah sosial dalam kehidupan mempunyai landasan individual, sosial adanya pendidikan dalam arti luas dan skala makro, perubahan sosial dan kestabilan masyarakat berlangsung dengan baik dan bersama-sama.
Beberapa aliran filsafat pendidikan, yaitu:
a.       Filsafat pendidikan progresivisme yang didukung oleh filsafat pragmatisme.
b.      Filsafat pendidikan esensialisme, yang didukung oleh idealisme dan realisme.
c.       Filsafat pendidikan perenialisme, yang didukung oleh idealisme.
Beberapa pemetaan paradigma pendidikan dari Giroux dan Aronowits yang terbagi pada tiga aliran.
a.       Paham konservatif, paradigma konservatif dibangun berdasarkan keyakinan bahwa masyarakat pada dasarnya tidak bisa merencanakan perubahan atau sosial.
b.      Paham liberalistik, kaum liberal dan konservatif sama-sama berpendirian bahwa pendidikan adalah anti politik, dan excellence merupakan target utama pendidikan.
c.       Pengetahuan dasar manusia dan radikalistik, dalam perspektif kritis radikalistik, urusan pendidikan adalah melakukan refleksi kritis, dan the dominant ideology kearah transformasi sosial.



Nama : Susi Susilawati
Nim   :150641070
Dosen Pengampu : Aliet Noorhayati Sutrisno, M.Phil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar